Kamis, 21 Juni 2012

Evaluasi Mata Kuliah Pedagogi

Mata kuliah pedagogi benar-benar sangat memberikan pengalaman yang sangat berkesan. Materi pelajaran yang dibahas memang berkaitan langsung dengan fenomena nyata dunia pedidikan. Kemudian kuliahnya memang beda dari yang biasanya, karena di mata kuliah pedagogi ini saya benar-benar mengikuti yang namanya kuliah online, bahkan ujian secara online. Kemudian tugas-tugas yang dilakukan pada mata kuliah pedagogi ini benar-benar tujuannya sangat bermanfaat, dimana membuat saya tetap berpikir ciri-ciri,tips bagaimana menjadi seorang pendidik yang baik, menerapkan pembelajaran yang efektif. Yang berkesan adalah proses belajarnya tidak hanya secara teoritis dan baca buku, tapi juga dapat praktek langsung. Kegiatan micro teaching memberikan pengalaman yang tak akan dilupakan.

Namun menurut saya hak yang perlu ditambahkan adalah akan lebih baik jika perbanyak pembahasan melalui diskusi mengenai fenomena-fenomena yang berkaitan dunia pendidikan yang terjadi di dunia ini,baik sumbernya dari dalam negeri maupun luar negeri asalkan memang merupakan pengetahuan yang penting untuk diketahui dan dipelajari. Meskipun memang ada sih di mata kuliah ini belajar mengenai hal seperti itu tapi rasanya kurang, bila lebih sering lebih baik. Menurut saya, jika dilakukan diskusi bersama mengenai fenomena-fenomena tersebut kita dapat sama-sama belajar misalnya mencari tahu penyebab munculnya fenomena tersebut, solusinya, sehingga bila kita benar-benar terjun di dunia pedagogi mampu menerapkannya. Menurut saya pembelajaran seperti itu akan lebih menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar