Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan kurun waktu yang sangat penting dan kritis dalam hal tumbuh kembang fisik, mental, dan psikososial, yang berjalan sedemikian cepatnya sehingga keberhasilan tahun-tahun pertama untuk sebagian besar menentukan hari depan anak. Kelainan atau penyimpangan apapun baik pola asuh ataupun metode pendidikan apabila tidak diatasi secara dini dengan baik pada saatnya, akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak selanjutnya.
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini ini terdiri dari 3 kategori, pendidikan secara formal,non formal, dan informal.
Pendidikan formal meliputi :
· Taman Kanak-kanak (TK) biasanya untuk anak usia 4-6 tahun, 5-6 kali pertemuan per minggu @150-180 menit., RA.
Pendidikan non formal meliputi :
· Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA).
pendidikan informal meliputi pendidikan di dalam keluarga, lingkungan sekitar.
Masa-masa anak yang mengikuti pendidikan TK atau sederajatnya merupakan masa golden age, masa anak-anak cepat mempelajari segala sesuatu. Setiap anak memiliki banyak bentuk kecerdasan (multiple intelligences) yang perlu digali dan dikembangkan. Multiple Intelligences ini termasuk di dalamnya inteligensi musik, kinestetik tubuh, logika matematik, linguistik (verbal), spasial, naturalis, interpersonal dan intrapersonal.
Dengan mengikuti pendidikan sejak dini baik formal,non formal, informal semuanya bertujuan untuk mengembangkan potensi anak dalam bidang fisik dan psikis yang termasuk di dalamnya belajar mandiri, belajar bersosialisasi, mengembangkan bahasa, kognitif, emosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar