Psikologi sekolah hampir sama dengan psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah. Psikolog pendidikan biasa bekerja di lingkungan sekolah, perguruan tinggi dan di lingkungan pendidikan anak, terutama bekerja dengan guru dan orang tua. Mereka dapat bekerja secara langsung dengan anak (misalnya memeriksa perkembangan, memberikan konseling) dan secara tidak langsung (dengan orang tua, guru dan profesional lainnya).
Sedangkan psikologi sekolah merupakan salah satu wilayah penerapan psikologi pendidikan, yaitu di sekolah. Ahli psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa wilayah cakupan ahli psikologi sekolah lebih sempit jika dibandingkan dengan ahli psikologi pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar